Perkembangan Internet

By Asekebi - Mei 19, 2018


Gimana sih perkembangan internet berlangsung ? ... 

Sejarah Internet Dunia 
   
  Pada tahun 1960 Levi C. Finch dan Robert Taylor melakukan sebuah penelitian dasar mengenai jaringan global. Mereka melakukan dEengan menggunakan cara teknik packet switching. Teknik iini digunakan untuk memotogn data atau file berukurang besar yang dikirimkan melalui jaringan komputer agar menjadi file-file kecil yang lebih mudah untuk ditagani yang diteliti oleh Donald Davies, Paul Baran, Leonard Kleinrock dan UCLA Reaserch Programs.

  Setelah itu, pada tahun 1969, Robert Taylor dipromosikan menjadi kepala kantor informasi di DAPRA (Badan Riset Angkaan Bersenjata Amerika Serikat). Bersama-sama mereka memulai proyek tersebut yang kemudian menghubungkan jaringan-jaringan yang dikenal dengan ARPANET.  Sambungan pertama ARPANET  terbentuk antara University of California Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada tanggal 29 Oktober 1969. Lalu pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang bergabung yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat simpul jaringan ARPANET yang berbasis pada  teknologi ALOHAnet yang perkembangannya sangat cepat. PAda tahun 1981 jumah simpul yang tersambung menjadi 213.

  Selain jaringan ARPANET, banyak pengguna komputer yang mengembangkan teknik jaringannya sendiri yang disebut sebagai UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabekl LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar. Protokol internet memungkinkan jaringan internet dibangun dalam media fisik yang berbeda-beda ang artinya komputer dapat terhubung dengan telepon dan dapat melakukan komunikasi dalam jaringan LAN ataupun radio. Hal ini medorong terjadinya internetwork secara global yang kini kita kenal dengan internet. Komersialisasi dan privatiasi internet mulai terjadi pada tahun 1980an dimana Amerika Serikat mengijinkan adanya Internet Service Provider. 

  Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa penemuan seperti adanya radio, telepon, telegram dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkamampuan dadi pada alat-alat tersebut. Internet juga merupakan contoh paing sukses dari usaha investasi yang tidak pernah henti dan komitmenuntuk melakukan riset berikut perkembangan infrastuktur teknologi informasi. Dimuali dengan penelitian packet swtiching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan  teknologi baru yang menarik iini.

Sejarah Internet Indonesia 

  Internet mulai berkembang tahun 1980-an yang dikenal dengan sebutan Panguyuban Network dimana adanya semangat kekeluargaan dan gotong royong yang terasa oleh pelakunya. TOkoh pembangun internet dan mengembangkan internet antara lain Firman Siregar, Rahmat M Samik, Onno W. Purbo dan Suryo Adi Soemarta. Internet Service Provider pertama di Indonesia. Pada tahun 1994, muncul PT.Indonet yang didirikan oleh Sanjaya . Setelah Indonet muncul ISP dengan nama Rodnet, semakin lama semakin berkembang dan ditandai dengan adanya banak open source seperti NOS dan LINUX.



A.Kelebihan Internet
1. Menjadi media komunikasi sosial jarak jauh, contohnya facebook dan twitter
2. Dapat mengetahui sebuah keadaan dalam bentuk gambar, contohnya instagram
3. Mengetahui informasi berupa teks, contohnya google
4. Mengetahui suatu keadaan dalam bentuk audio dan video, contohnya youtube
5. Membantu dalam menentukan tempat, contohnya GPS
6. Untuk kegiatan ekonomi, contohnya OLX
7. Mengunduh/mendownload, contohnya playstore
B.Kekurangan InterneMerusak kesehatan mata, karena radiasi layar ponsel/komputer
B. Kekurangan Internet 
1.Merusak mata,, karena radiasa komputer
2. Sakitnya pinggang, karena jika main di warnet kita akan selalu duduk
3. Kecanduan/ketagihan, seperti bermain game
4. Menghabiskan waktu
5. Menghabiskan uang, baik untuk membeli paket data ataupun main di warnet
6. Banyaknya hacker
7. Banyaknya cyber crime, yaitu kejahatan dunia maya.

C.Kecepatan internet
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan internet, diantaranya :

1. Jumlah client, semakin banyak jumlah client maka kecepatan internet akan semakin lambat
2. Kapasitas RAM, semakin besar kapasitas RAM maka kecepatan Internet akan semakin cepat
3. Virus, semakin banyak virus di ponsel/ komputer kita maka kecepatan internet akan semakin lambat
4. Kuota yang kita miliki, semakin banyak kuota maka kecepatan internet akan semakin cepat
5. Keadaan cuaca, jika cuaca panas, dingin, atau berangin maka kecepatan internet akan semakin lambat, jika cuaca biasa-biasa saja maka kecepatan internet akan semakin cepat



Sumber : 
http://cahyoikhsan.blogspot.co.id/2014/11/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html
https://www.kompternet.com/2016/12/kelebihan-dan-kekurangan-internet.html
www.termasmedia.com



  • Share:

Liat Materi Lainnya

4 comments

  1. Informasinya sangat membantu kak, teruskan

    BalasHapus
  2. Makasih infonya nambah ilmu buat makalahku...

    BalasHapus