Korporasi Media Massa

By Asekebi - Mei 19, 2018



Dewasa ini, media mengalami perkembangan pesat. Perusahaan yang bergerak di bidang media dituntut untuk mengikuti perkembangan sosial yang ada disamping menyampaikan informasi kepada publik. Komersialisasi bisnis media ini melahirkan istilah korporasi media dimana media merupakan badan atau lembaga yang memberikan informasi berdasar komersialitas publik.
Kita dapat melihat beberapa korporasi media di Indonesia. Tidak melulu bergerak di bidang media, namun untuk meraup keuntungan bahkan bisnis media bisa merambah ke bisnis seperti perbankan, infrastruktur, ritel atau properti. Contohnya antara lain: Transcorp milik Chaerul Tanjung yang bergerak di bidang media (Transmedia-CNN), ritel (Transmart-Carrefour) dan properti (Trans Park). Kemudian ada Kompas-Gramedia milik Grup Kompas (Koran Kompas, Kontan, Tribun) dan MNC media milik Hary Tanoesoedibjo (RCTI, MNCTV, GTV, dll).
Dengan keadaan ini, maka tak jarang, media harus berurusan dengan politik. Media sering digunakan oleh golongan tertentu sebagai alat penyebaran citra positif. Contohnya pada Media Grup milik Surya Paloh (Terutama Metro TV) yang terang-terangan mendukung Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan beberapa waktu lalu sempat mengiklankan mars Partai Nasdem. Hal serupa juga terjadi pada MNC Grup yang terkena teguran dari KPI karena memutarkan Mars Perindo secara masif. Beberapa contoh di atas dapat menggambarkan bahwa media dapat digunakan sebagai alat politik oleh beberapa golongan.

  • Share:

Liat Materi Lainnya

4 comments