Media dan Representasi

By Asekebi - Mei 20, 2018


Media Representasi

  Dapat kita lihat dulu dari arti kata "Media" merupakan suatu penyalur atau perantara, sedangkan "Representasi" diambil dari kata "Re" (kembali) "Presentasi" menyajikan.


Teori Representasi

  Buku The Work of Representation, " Representation : Cultural Representation and Signiying Practices, menjelaskan bahwa representasi adalah makna ang dapat diproduksi dan dipertukarkan melalui lingkukan masyarakat. Representasi sendiri terdiri dari 2 komponen yaitu bahasa dan pikiran. Pikiran kita selalu memikirkan konsep sehingga dapat mengetahui dan mengerti sebuah makna. Sedangkan bahasa, untuk menyampaikan konsep yang ada dipikiran. Pada proses penafsiran makna, setiap orang akan menginterprestasikan makna yang beragam-ragam, mengingat latar masing-masing orang berbeda.

  Menurut KBBI, media adalah alat(sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster dan spanduk. Sedangkan untuk Representasi mempunya arti sebagai perbuatan yang mewakili. Maka Representasi Media dapat diartikan dengan bagaimana sebuah media dapat digunakan sebagai alat untuk menggambarkan sebuah fenomena.

sumber :
http://yoganteng.com/2017/07/04/mengenal-teori-representasi/

  • Share:

Liat Materi Lainnya

12 comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Itu sumbernya bukan dari jurnal atau buku ya? Diusahain dari jurnal atau buku ya kak biar istilahya terpecaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari jurnal juga kok kak, terima kasih masukannya

      Hapus
    2. ini kolom komentar kak :) bukan media sosial untuk chatting, maaf ya kak.

      Hapus
  3. makasih kak udah nambah ilmunya, kalo bisa cari definisi dari berbagai sumber ya kak

    BalasHapus