Pengertian Media Sosial

By Unknown - Februari 19, 2018

Apa sih media sosial itu ? Yuk kita bahas secara pertahap... 👋



Media itu sendiri adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin yang merupakan bentuk jamak dari kata "medium". Secara harafiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar" yaitu dimana perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi dalam pengertian lain media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. 

Sosial, kata sosial berasal dari bahasa latin yaitu "socius" yang berarti segala sesuatu yang lahir, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan bersama (Salim, 2002). Sudarno (dalam Salin, 2002) menekankan pengertian sosial pada strukturnya yaitu suatu tatanan dari hubunganhubungan sosial dalam posisi-posisi sosial tertentu berdasarkan suatu sistem nilai dan norma yang berlaku pada masyarakat pada waktu tertentu. 

Jadi pengertian media sosial atau yang sering kita sebut dengan sosmed itu adalah sebuah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi kita menjadi dialog interaktif. Menurut beberapa para ahli media sosial adalah :

  1. McGraw Hill Dictionary - Media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orangorang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar infromasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.
  2. Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012) - Media sosial adalah media ang digunakan oleh individu agar menjadi sosial atau menjadi secara daring dengan cara berbagai isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain
Media Sosial dibagi menjadi tiga yaitu :
  1. Sosial Network -  Media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contoh facebook, instagram, dan twitter 
  2. Discuss Network - Media sosial untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contoh google talk, yahoo messager, dan skype 
  3. Share Network - Media sosial untuk saling berbagi file, video, gambar dan lainnya. Contoh youtube.
Pertumbuhan Media Sosial
       Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika memiliki media tradisional seperti televisi, radio, koran atau majalah dibutuhkan modal yang sangat besar, tenaha kerja yang banyak maka lain halnya dengan media sosial. Seseorang pengguna media sosial baik itu mulai dari anak kecil, remaja, dewasa bhakan orang tua bisa mengakses  apapun yang diinginkan, menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi sekreatif mungkin baik dengan tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai content lainnya.

Peran dan Fungsi Media Sosial 
       Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi akan lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, youtube dan masih banyak lainnya memiliki sejumlah manfaat tersendiri bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak, ilan TV, brosur dan selebaran lainnya.

Keuntungan dan Kerugian Media Sosial
 - Keuntungan :
  1. Terhubung ke seluruh dunia
  2. Menjalin komunitas
  3. Berbagi informasi
  4. Penciptanya peluang bisnis online
-Kerugian :
  1. Lupa waktu
  2. Marak cyber bullying
  3. Tingkat kejahatan tinggi
  4. Meningkatnya penipuan online



  • Share:

Liat Materi Lainnya

4 comments

  1. Interface nya bagus isinya lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami berusaha semaksimal mungkin kak :) terima kasih

      Hapus
  2. Balasan
    1. agar pembaca juga dapat memahami situasi saat ini kak

      Hapus